Sejarah MAMA (Mnet Asian Music Awards)



 Tanggal 29 november 2022, perhelatan MAMA 2022 berlangsung nih. Banyak banget guest star dan artis yang bakal ikut. Tapi sayangnya, banyak yang gatau sejarah MAMA atau yang dikenal dengan Mnet Asian Music Award yang ditunggu-tunggu sama para kpopers.

Mama berada di bawah naungan Cjenm entertaiment yang punya beberapa perusahaan seperti Stone Music ent, Wakeone ent, Swing ent dan Jellyfish ent. Selain karena modal yang besar, yang bikin MAMA menonjol adalah skalanya yang luas ga cuman artis kpop tapi juga memberi apresiasi sama berbagai artis Korea. Simak yuk sejarah MAMA tiap generasi Kpop.

Gen 1 (1994-2004)



Di generasi pertama kpop ini MAMA pertamakali diadakan tepatnya di tahun 1999 dengan nama ‘Mnet Music Video Daesang’ terus berubah jadi ‘Mnet KM Music Video Festival’ pada tahun 2004. Pemenang MAMA 1999 ini didominasi dengan grup dan pionir legendaris Kpop seperti H.O.T, Lee Jung Hyun,Fin.Kl, Jewelry,  Uhm Jung Hwa, Jaurim dan Joo Sung Mo.

Generasi kedua (2003-2011)



Perkembangan MAMA menjadi acara musik global seiring tersebarnya gelombang Korea. Pada tahun 2010, MAMA mulai diadakan di luar Korea. Banyak pemenang dari artis gen 2 yang sampai sekarang masih aktif sebut saja G-Dragon (Big Bang), 2NE1, Wonder Girls, Miss A, 2PM, Girls Generation dan Super Junior.

Gen 3 (2012-2017)



Di generasi ketiga ini MAMA yang sudah melebarkan sayapnya ke rancah Asia ini mengundang beberapa artis lokal seperti grup AKB48 dari Jepang dan Karen Mok dari China. Pemenang mama di era generasi ketiga pasti pernah kalian dengar di antaranya: BTS, Infinite, EXO, Winner, IKON, BlackPink, Twice, Red Velvet  juga grup besutan survival Mnet seperti I.O.I dan Wanna One.

Gen 4 (2018-sekarang)



MAMA di era gen 4 harus diakui cukup berat karena adanya pandemi Covid 19 bahkan MAMA pada tahun 2020 harus diadakan secara online. Tapi sejak kondisi mulai stabil, MAMA tahun 2022 ini  diadakan secara offline. Nominasi MAMA era generasi keempat ini seperti TXT, Treasure, IVE, Lesserafim, New Jeans,  Itzy, Weekly, Aespa, dan Enhypen. Sekarang udah tau kan gimana siap ga menanti MAMA 2023?

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Reasons Why I Chose Amsterdam as the Setting for Double Minority Hanna

5 reasons to not isolate yourself despite your mental illness

Four reasons why to-do list is important to reach your goals