Kenalan yuk sama sub-unit NCT

 

NCT adalah boygroup asal korea selatan yang sekarang mempunyai 23-member yang terbagi beberapa subunit.  NCT punya konsep tak terhingga jadi SM bebas nambah unit atau nambah member. Ada rumor kalau SM, selaku agensi yang menaungi NCT akan membuat lebih banyak sub-unit seperti NCT Hollywood, NCT Tokyo dan NCT Indonesia sejauh ini belum terealisasi.

NCT juga dikenal sebagai grup kpop yang juga youtuber ada berbagai konten di channel youtube mereka baik channel NCT sebagai keseluruhan dan channel sub-unit mereka. Pokoknya Sijeuni dan Wayzeni kenyang banget sama konten.

Konsep NCT yang bakal terbagi ke unit juga memberikan banyak keuntungan misalnya sub-unit Wayv untuk para member dari tiongkok membuat mereka dapat dikenal di negara asal mereka. Konsep comeback NCT juga bisa dibilang cukup unik karena setiap unit bisa mengusung lagu dan konsep yang berbeda.

Yuk kenalan sama berbagai sub-unit NCT di bawah. Di setiap unit pasti ada seseorang yang berperan sebagai leader seperti Taeyong leader NCT 127 dan seluruh NCT, Kun leader dari Wayv dan Mark sebagai sosok leader di NCT Dream.

 # 1 NCT U



NCT U atau kepanjangannya NCT United ini punya konsep yang agak beda dari unit lain. NCT U biasanya merilis lagu yang menampilkan berbagai member. Simplenya, para member yang dinilai cocok untuk lagu itu bakal disatuin dan masuk ke unit NCT U. Jadi NCT U ini dibagi berdasarkan lagu kayak NCT U Boss, NCT U without U, NCT U make a wish dan lainnya. 

#2 NCT 127



NCT 127 adalah sub unit yang dibentuk untuk beroperasi di seoul dengan angka 127 sebagai koordinat bujur kota Seoul.

Sub-unit yang debut pada tanggal 7 juli 2016 ini awalnya beranggotakan 7 orang sekarang menjadi 10 orang. Taeyong, Taeil, Yuta, Johnny, Doyoung, Jaehyun, Winwin, Jungwoo, Mark dan Haechan yang menjadi anggota NCT 127. Dari segi usia, NCT 127 termasuk para hyung (kakak) jadi mereka kebanyakan mengusung konsep kuat, maskulin dan seksi bisa terlihat di lagu seperti kick it, punch, cherry bomb dan 2 baddies. 

# 3 NCT Dream



NCT Dream awalnya dibentuk sebagai sub unit NCT untuk para anak muda (yang berusia di bawah 20 tahun). Mereka debut tanggal 18 agustus 2016 sekitar satu bulan lebih setelah debut 127. Mereka juga mempunyai sistem kelulusan  untuk membernya yang sudah berusia 20 tahun. Belakangan ini karena protes dari penggemar, NCT Dream tidak lagi mengusung konsep kelulusan dan didapuk sebagai unit tetap dan Mark (anggota yang sebelumnya sudah lulus) kembali ke NCT Dream. NCT Dream sekarang beranggoatakan Mark, Renjun, Jeno, Haechan, Jaemin, Chenle dan Jisung. Beberapa lagu hits mereka: hot sauce, hello future, chewing gum, my first and my last dan ridin. 

# 4 WayV



Mungkin udah dijelasin sedikit di atas tentang WayV yang adalah sub-unit yang berbasis di Tiongkok. Debut pada tahun 2019, unit yang beranggotakan Kun, Ten, Winwin, Lucas, Hendery, Xiaojun dan Yangyang ini debut dengan versi bahasa Tiongkok dari lagu NCT 127 regular. Mereka kini sangat populer di Tiongkok dengan berbagai hits seperti: Take off, Moonwalk, Turn back time dan Bad Alive. Kun didaulat menjadi leader dari sub-unit ini sebagai yang tertua.

Banyak perdebatan apakah Wayv termasuk NCT atau nggak karena nama unit yang tidak mempunyai kata “NCT”. WayV ini di kemas berbeda karena konflik China dan Korea ketika mereka awal debut. WayV juga mempunyai fans sendiri bernama Wayzeni dengan warna lightstick hijau neon seperti lightstick NCT pada umumnya. 

# 5 NCT Wish 



Baru-baru ini di awal 2024, SM mengumumkan bahwa no limit unit buat NCT diganti sampai unit terakhirnya aja yaitu cabang Jepang. Awalnya dirumorin bakal punya nama NCT Tokyo tapi kemudian SM memutuskan buat mengeluarkan Sungchan dan Shotaro dari line-up NCT terus mereka berdua berakhir debut di boygroup baru SM, RIIZE dengan Shotaro sebagai leader.

Gak lama, SM bikin survival baru: LASTART yang akan mendebutkan unit terakhir NCT. Dua member yang udah pasti debut yaitu Sion kelahiran 2002 dan Yushi kelahiran 2004. Singkatnya terbentuklah unit terakhir yang beranggotakan 7 orang  sayang aja, sang main vocal, Jungmin harus balik jadi trainee dan gagal debut sama mereka. Jadi NCT Wish beranggotakan 6 orang: Sion, Riku kelahiran 2003, Yushi, Jaehee atau Kim Daeyeong kelahiran 2005, Ryo kelahiran 2007 dan sang magane Sakuya yang juga kelahiran 2007. This means Jisung udah ga lagi jadi magnae NCT karena posisinya digantikan sama Sakuya. Mereka udah rilis Hand’s Up sebagai pre debut single dan Wish sebagai lagu debut mereka.

 






Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Reasons Why I Chose Amsterdam as the Setting for Double Minority Hanna

5 reasons to not isolate yourself despite your mental illness

Four reasons why to-do list is important to reach your goals