Review novel Deesert- Ela Puspita


Review novel Deesert- Ela Puspita


 

 Novel ini diawali dengan kisah masa lalu Naya dan Lulu sepasang sahabat di masa SMA. Waktu itu, Naya sempat berpacaran dengan Dewa yang tidak lain adik kandung Lulu. Delapan tahun kemudian, Naya memutuskan untuk berhenti menjadi presenter sebuah acara kuliner karena acara kuliner itu juga akan berakhir karena rating yang terus menurun.

Naya kembali ke Palembang ia bergabung dengan Lulu dan Afnan, tunangan Lulu untuk membuka bisnis kuliner. Mereka sepakat menamai bisnis mereka Dapur Ketje.

Di belahan dunia lain, Dewa memutuskan untuk kembali ke Palembang setelah kontrak kerjanya di Desire for Food selesai. Dewa juga memutuskan putus dengan Ava seorang cewek yang selama ini tinggal bersamanya.

Drama dimulai ketika Naya bertemu kembali dengan Dewa, mantan kekasihnya. Hubungan Naya dan Dewa yang putus tidak baik-baik karena konflik dan kesalahpahaman keduanya membuat mereka saling berusaha untuk menghindari satu sama lain. Kehadiran Dewa sebagai pastry chef Dapur Ketje untuk sementara membuat keduanya mau ga mau terpaksa sering bertemu satu sama lain.

Ada Dipati seorang aktor sekaligus mantan kekasih Naya. Dipati terlihat masih menyukai Naya ia terus berusaha mendekati Naya kembali. Sementara Naya hanya menganggap Dipati seorang teman.

Insiden ciuman terjadi bikin Naya dan Dewa kembali kaku.

Naya masih kesal dengan sikap Dewa sehingga ia meninju Dewa setelah ia mengeluarkan segala uneg-unegnya pada Dewa bahwa mereka semakin menjauh sampai satu titik, Naya meyakini bahwa hubungan mereka sudah berakhir. Naya bilang kalau dia kira hubungan mereka sudah berakhir jadi dia memutuskan menerima cinta cowok lain. Kesalahpahaman mereka akhirnya berhasil dipecahkan.

Lulu berusaha membuat keduanya berbaikan sedikit demi sedikit. Puncaknya di acara lamaran Lulu dan Afnan Naya tetap datang tapi hanya demi sahabatnya. Mereka akhirnya bicara baik-baik dan menyelesaikan masalah mereka sebelum Ava muncul dan menghancurkan semuanya.

Ava menemukan kotak cincin di kamar yang dulu ditempati Dewa ia langsung berasumsi bahwa Dewa akan melamarnya. Hal ini bikin Naya begitu menghindar dari Dewa. Ava langsung berderap ke Palembang dan menunjukan cincin yang sudah Dewa siapkan untuknya di depan Naya.

Naya menghabiskan minggu itu dengan mengurung diri di kamar kemudian menangis di taman belakang membuat kakaknya, Damar berusaha menenangkannya. Naya bercerita bahwa Dewa ingin melamar wanita lain membuat Naya yang masih punya rasa pada Dewa merasa semuanya sudah berakhir. Damar menjawab telepon Dewa di ponsel Naya sebagai kakak laki-laki Damar cukup protektif pada Naya.

Dewa kembali berjuang menemui, menelepon bahkan mengirim pesan pada Naya yang tidak digubris oleh Naya.

Naya bingung di satu sisi dia juga pengen mendengarkan penjelasan Dewa. Akhirnya, Dewa membawa Naya ke bakerynya yang diberi nama Deesert mirip dengan arti nama tengah Naya ‘Gayatri’ setelah Naya memakan habis cokelat yang ia kira Jahe buatan Dewa. Dewa bilang seperti itulah dia cowok yang kelihatan cool, misterius, ngeselin di depan tapi di dalamnya masih ada banyak cinta pada Naya.

Dewa menjelaskan bahwa dia memutuskan Ava karena cewek itu berkali-kali berselingkuh. Belajar dari hubungannya dengan Naya, Dewa ingin terikat dulu karena tadinya ia berpikir bahwa Ava adalah ‘the one’. Dewa bilang dia ga bisa balik ke Ava karena cewek itu telah mengkhianatinya berkali-kali dan kepercayaan adalah sebuah komitmen mutlak dalam sebuah hubungan.

Dewa masih sayang banget sama Naya. Naya menciumnya saat itulah keduanya memutuskan untuk balikan. Dewa ga percaya bahwa Naya juga membalas perasaannya lagi.

Dari dulu, Dewa sudah menyukai Naya sosok sahabat kakaknya yang menurutnya gaakan pernah ia dapatkan sampai pengakuan Naya di perpustakaan kala SMA.

Damar menikah dengan Rossa kekasihnya ia masih belum merestui hubungan Naya dengan Dewa. Sampai akhirnya di hari pernikhannya Damar merestui hubungan keduanya karena melihat bahwa adiknya semakin semangat dan bahagia semenjak balikan dengan Dewa.

Tepat setahun setelah kembali menjalin hubungan, Dewa membawa Naya nyekar ke makam sang ayah. Mereka membersihkan makam ayah naya. Setelahnya keduanya masuk ke mobil di mana akhirnya Dewa melamar Naya.

Keesokkan harinya, Naya kembali bekerja di Dapur Ketje ia langsung ke ruangan manejer atau ruangan Lulu. Lulu yang tengah mengandung anaknya dan Afnan. Naya langsung bilang bahwa ia akan menikah dengan Dewa. Lulu tertawa dan berkata bahwa seluruh keluarga mereka sudah tau tapi hanya pura-pura tidak tau agar rencana kejutan yang dibuat oleh Dewa berjalan lancar. Yah ternyata perkataan Lulu pas SMA tentang bahwa Naya akan menjadi adik iparnya menjadi kenyataan sekarang.

Kesimpulan: Sejauh dan selama apapun orang berpisah kalau pada akhirnya kembali bersatu adalah sebuah garis takdir yang  diciptakan oleh sang Mahakuasa. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Reasons Why I Chose Amsterdam as the Setting for Double Minority Hanna

5 reasons to not isolate yourself despite your mental illness

Four reasons why to-do list is important to reach your goals