Analisis beat sheet novel 31st day of love oleh Yolana Ivanka

 

Sumber gambar:goodreads.com 

Hai, balik lagi nih, dengan konten analisis beat sheet dari bukunya Jessica Brody.

Analisis dilakukan berdasarkan limabelas beat sheet dan genre dari buku Save The Cat writes a novel oleh Jessica Bordy.

Genre: buddy love Dimana dunia si hero berubah setelah kedatangan seseorang.

Gambaran pembuka. Kita langsung disapa oleh dua tokoh utama yang merupakan musuh bebuyutan. Della dan Arya keduanya duduk di tahun terakhir mereka di SMA. Sampai pada akhirnya, mau ga mau keduanya menyetujui permainan dari eskul jurnalistik bertemakan 31st day of love Dimana mereka harus pura-pura pacaran selama tiga puluh satu hari kedepan.

Persiapan. Kita masuk ke latar belakang Della hero kita pada novel ini. Orangtua Della bercerai dan dia termasuk sensitive kalau menyangkut urusan pribadinya. Kemudian kita dipertemukan dengan sahabat Della, Natasya sekaligus teman duduknya selama tiga tahun ke belakang. Kita juga dipertemukan dengan tokoh pendamping lain, Galih yang adalah sahabat Arya. Keduanya masuk di kelas yang berbeda untungnya.

Katalis. Keduanya mau ga mau menyanggupi permintaan dari eskul jurnalistik yang memasangkan keduanya. Bahkan Arya ingin membuktikan perkataann Della sendiri bahwa ia tidak akan jatuh cinta pada Arya yang akhirnya bikin Della luluh dan menyanggupi permainan tersebut. Beberapa peraturan bahwa mereka harus menempel di sekolah dan melakukan missions dan nge-date setiap hari sabtu. Jangan lupakan kalau Arya memergoki Della di klub yang bahkan tidak diketahui Natasya.

Debat. Tiba saatnya mereka untuk melakukan mission di hari sabtu. Entah kenapa perlahan Arya mulai jatuh cukup dalam permainan 31st day of love ia mulai bertindak sebagai kekasih Della. Mulai dari mengajaknya ke rumahnya, ke gardenia dan melakukan banyak hal bersama.

Menerobos babak 2 Della akhirnya mulai terbuka sama Arya dari alasan kenapa ia tinggal di apartemen sampai pada kedaaan kedua orangtuanya yang bercerai.

Cerita B. Della dan Arya semakin dekat bahkan membuat sekolah yang tadinya dibumbui dengan pertengkaran keduanya jadi bahan gossip apalagi ketika Arya dan Della beserta dua sahabat mereka: Galih dan Natasya duduk bersama di kantin. Arya tau soal Della yang ga percaya dengan cinta. Pernyataan temanya: Arya pengen membuat Della jatuh cinta.

Keseruan. Perlahan, baik Arya maupun Della mulai berubah. Bahkan Arya mulai mendalami perannya sebagai pacar Della. Mereka sibuk mengobrol  seru terlebih pas melakukan missions dari klub jurnalistik. Galih bahkan memperingatkan Arya untuk ga terlalu mendalami perannya sebagai pacar Della. Perlahan, Della makin percaya sama Arya yang bikin Natasya selaku sahabat Della makin cemburu karena dari semua orang kenapa Arya yang tau duluan bukan dia yang notabene sahabat Della selama tiga tahun.

Titik tengah. Mama Della datang ke rumah membuat Jimmy memanggil Della. Arya yang selama ini mengantar jemput Della mau ga mau akhirnya ke rumah Della. Mama dan papa Della kembali bertengkar. Mama Della berkata bahwa ia punya hak untuk bertemu dengan anak-anaknya. Dan dari situ, Della tau penyebab mama papanya bercerai adalah dirinya yang bukan anak kandung dari papanya. Di situ, Jimmy bertemu dengan Arya dan berpesan untuk menjaga Della.

Musuh mendekat. Seseorang dari masa lalu Della bernama Leo dia yang membunuh sahabat Della, Valen. Kemudian dia yang lebih dulu menyerang Arya membuatnya lebam dan tidak masuk sekolah selama beberapa hari.

Leo kemudian menelepon Della membuat kepercayaan Della pada Arya berkurang karena Arya berbohong. Membuat keduanya ga bisa menjalankan missions akhir pekan itu.

Semua musnah. Leo menyerang Raya, adik Della membuatnya masuk rumah sakit. Ia juga menyerang papa Della kemudian mengambil dokumen penting Perusahaan. Papa Della berusaha mencari tau siapa dalang dibalik semua ini. Untungnya, Della dibantu Jimmy berhasil meyakinkan papa Della buat ga mencari lagi.

Kegelapan Jiwa. Della mulai merasa ga bisa percaya lagi sama cinta apalagi setelah mengetahui bahwa dialah alasan kedua orangtuanya bercerai karena dia bukanlah anak kandung papanya. Papanya berusaha meyakinkan Della bahwa ia tetap anak papanya.

Menerobos babak 3. Leo dan Della akhirnya kembali bertemu. Untungnya, Arya mengikuti mobil Della walaupun Della bersikeras dia ga mau berurusan sama Arya.

Klimaks. Mengumpulkan Tim. Arya kemudian mengikuti mobil Della sampai akhirnya, Della kembali bertemu dengan Leo.

Eksekusi rencana. Arya masih menunggu Della tapi karena dia ga sabar, dia akhirnya menelepon polisi.

 Kejutan Menara tinggi. Della kemudian berhadapan dengan Leo orang yang membunuh Valen, sahabatnya. Leo berusaha menyakiti Della berkata bahwa bukan dia yang membunuh Valen tapi Della yang berlindung pada Valen.  Arya bersama polisi akhirnya berhasil menghentikan Leo walaupun, Della yang terluka kemudian dibawa ke rumah sakit.

Menggali lebih dalam. Della menulis surat untuk Arya sebagai tanda berakhirnya permainan 31st day of love. Ia juga menerima surat dari Arya. Dia mulai berpikir, mungkin dia bisa sedikit percaya sama cinta terutama kalau orangnya Arya.

Eksekusi rencana baru. Arya membaca surat Della di kamar rawat Della membuat pipi Della kembali memerah. Keduanya juga akhirnya berpacaran beneran. Della kemudian memikirkan untuk menolak beasiswa dari luar negeri karena kebahagiaanya ada di sini bersama Arya.

Gambaran penutup. Della membawa Arya ke makam Valen. Ia bercerita bahwa dulu ia dan Valen pernah berjanji untuk mengenalkan orang yang dicintainya walaupun Valen sudah tidak bisa menepati janji itu, tapi Della menepati janji itu. Ia berkata bahwa Arya, orang yang mirip dengan Valen yang berjanji akan berada di sisinya. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Reasons Why I Chose Amsterdam as the Setting for Double Minority Hanna

5 reasons to not isolate yourself despite your mental illness

Four reasons why to-do list is important to reach your goals