Analisis Beat Sheet novel In A Blue Moon oleh Illana Tan

 

Sumber gambar: goodreads.com 

Kalian tau ga buku Beat Sheet save the cat dari Jessica Brody. Beat Sheet ini merangkum ada limabelas beat dalam sebuah novel.

Analisis dilakukan berdasarkan limabelas beat dan genre dari buku save the cat oleh Jessica Brody.

Genre: Buddy love. Buddy love sendiri tentang kisah cinta yang banyak banget dibahas di novel. Inti dari Buddy Love itu ya tentang kehidupan yang berubah karena kedatangan seseorang dalam hidup.

Opening image/gambaran pembuka. Di novel ini diceritakan pertemuan kembali dua tokoh utama kita, Sophie Wilson dan Lucas Ford di pernikahan kakak sulung Sophie. Sophie sama sekali tidak senang bertemu kembali dengan Lucas Ford. Kakek Lucas Ford, Gordon yang menjodohkan mereka berkata bahwa Sophie adalah tunangan Lucas.

Persiapan. Kita masuk ke latar belakang dua tokoh utama kita, Sophie Wilson dan Lucas Ford. Sophie adalah anak adopsi bukan anak kandung. Orangtuanya kemudian meninggal jadi Sophie pindah dari Chicago ke New York untuk tinggal bersama kakek dan neneknya. Ada kejadian ketika Lucas dan kedua temannya dihukum karena tikus-tikus peliharaan Toby lepas di kelas Bahasa Inggris. Kemudian kedua teman Lucas sadar kalau Lucas tertarik dengan Sophie di bazzar sekolah tempat mereka dihukum. Lucas kemudian langsung berkata bahwa ia ga mungkin sama Sophie yang anak adopsi. Rumor itu bikin kehidupan Sophie di sekolah benar-benar kacau dan ia dibully sehingga Sophie merasa tidak berarti.

Katalis. Setelah pertemuan Lucas dan Sophie di pesta pernikahan, Lucas mulai mendekati Sophie ia berusaha agar Sophie tidak lagi membencinya ditambah dengan tekanan dari sang kakek yang menjodohkannya dengan Sophie. Banyak hal yang dilakukan Lucas untuk meyakinkan bahwa ia sudah berubah. Ia bahkan meminta maaf pada Sophie.

Debat. Sophie kesal karena semua orang seolah menyukai Lucas sementara hanya dia yang membenci Lucas. Lucas menyarankan untuk mereka bertemu sesekali agar kakeknya tidak merecoki hubungan mereka. Sophie setuju demi kakak-kakaknya jadi ia menghabiskan waktu bersama Lucas Ford dengan sengaja.

Menerobos babak 2. Sophie akhirnya memberikan nomor teleponnya pada Lucas.

Cerita B. Mereka mulai bertukar pesan. Lucas terus berusaha memperlihatkan bahwa ia sudah berubah pada Sophie. Ia ingin agar Sophie tidak membencinya. Berbagai usaha dia lakukan yang membuat Sophie melihatnya sebagai seseorang yang berbeda. Pernyataan temanya: Lucas mau membuktikan bahwa ia sudah berubah pada Sophie.

Keseruan. Berbagai pertemuan tidak sengaja terus terjadi antara Sophie dan Lucas. Tokoh lain mulai terlibat dari Nicolas Li, sahabat Sophie yang sepertinya penyuka sesame jenis, Adrian Graves mantan kekasih Sophie dan Miranda Young seorang model yang menyukai Lucas. Lucas bahkan ‘melamar’Sophie di restoran keluarga Nic. Malam itu di taksi Lucas tidak memandang pada Sophie membuat Sophie merasa cukup kesal. Keesokkan harinya, Sophie memutuskan untuk minta maaf dengan mengirimkan tarlet ke Ramses restoran milik Lucas. Sophie sadar kalau selama ini ia menghabiskan waktu dengan Lucas yang dirasanya nyaman.

Titik Tengah. Acara makan malam Lucas, kakeknya dan keluarga Sophie berjalan lancar. Lucas merasakan kemenangan semu karena ia berhasil meyakinkan kedua kakak Sophie untuk membawa Sophie ke bar milik temannya bernama David King. Kemunculan Adrian dari Afrika yang langsung berkata pada Spencer, kakak kedua Sophie bahwa ia hampir bertunangan dengan Sophie dulu yang membuat Lucas mempunyai saingan.

Musuh mendekat. Di mobil, Sophie bilang kalau banyak hal yang Adrian tau tentangnya membuat Lucas merasa seperti tertinggal ratusan Langkah di belakang Adrian. Adrian dengan gencar mendekati Sophie dan berkata bahwa ia ingin kembali bersama Sophie. Lucas bilang ia ingin tau hal yang tidak diketahui Adrian tentang Sophie agar posisinya setara. Lucas mulai memberi tau apa yang tidak diketahui Miranda tentangnya yaitu ia takut ketinggian.

Hubungan Lucas dan Sophie semakin dekat bahkan ketika Lucas menghabiskan natal bersama keluarganya di Chicago sementara Sophie di New York bersama keluarganya. Lucas berkata bahwa ia menyukai Sophie dan berharap Sophie mau mengenalnya lebih baik sebelum ia pergi ke Chicago.

Semua Musah. Di pesta tahun baru, terlihat Lucas berciuman dengan Miranda membuat Sophie mulai menjauhi Lucas karena cemburu. Bahkan foto itu dimuat di artikel yang dibaca Sophie. Sophie bahkan berpikir untuk menghabiskan hari bersama Adrian. Kakek Sophie dilarikan ke rumah sakit, bau kematian tiba.

Kegelapan Jiwa. Sophie mulai merasa kalau Lucas tidak berubah apalagi setelah melihat artikel yang menampilkan Lucas dengan Miranda. Benang kusut seakan semakin kusut untuk Sophie Adrian masih ingin kembali bersama Sophie. Kembali pada hal yang fammiler. Tapi, jantung Sophie tidak lagi berdetak kencang bersama Adrian.

Menerobos babak 3. Lucas berusaha minta maaf pada Sophie dan berkata bahwa ia tidak mencium Miranda.

Klimaks. Mengumpulkan Tim. Lucas memberi surat permintaan maaf dari Toby dan Max dua teman baik Lucas yang pernah merundung Sophie di SMA. Mengeksekusi rencana. Setelah Sophie membaca surat itu, Lucas kemudian meminta jawaban pada pertanyaanya sebelum ia ke Chicago. Sophie menjawab ya, ia ingin mengenal Lucas ford lebih dekat. Menyatakan awal mula hubungan mereka. Menggali lebih dalam. Lucas berusaha berkesan baik saat diundang makan malam bersama keluarga Sophie. Eksekusi rencana baru. Wine yang dipilih Lucas berhasil memenangkan hati keluarga Wilson membuat Lucas diperbolehkan mengantar Sophie pulang.

Gambaran penutup. Lucas dan Sophie sedang bersantai di taman sebelum Gordon Ford menelepon. Lucas memberi Sophie ponselnya untuk menjawab pertanyaan Gordon. Gordon meminta untuk menamai anak laki-laki pertama mereka dengan namanya kemudian Sophie bilang ia ingin anaknya dinamai dengan nama ayahnya. Kemudian Lucas kembali melamar Sophie dan kali ini Sophie menjawab’ya’

 

Refrensi: Buku Save the cat-Jessica Brody dan Novel In the Blue moon -Illana Tan 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Reasons Why I Chose Amsterdam as the Setting for Double Minority Hanna

5 reasons to not isolate yourself despite your mental illness

Four reasons why to-do list is important to reach your goals