Review Novel Cinderella Complex

 

Apa itu Cinderella Complex?

Dikutip dari Halodoc.com, Cinderella complex itu sebuah gangguan kepribadian yang sangat dependen pada orang lain yang biasanya digambarkan sebagai seroang Wanita yang menggunakan prianya sebagai tameng.

Oke langsung ke Novel Cinderella Complex

Tokoh utama novel ini adalah Oh Seungjun dan Yoon Hanna. Mereka berdua teman masa kecil di kompleks yang sama dan telah terpisah selama sebelas tahun. Sedangkan tokoh jahat di novel ini adalah Ahn Hyeji sahabat baik Oh Seungjun yang diam-diam menyukainya.

Kita ke tokoh utama pria dulu atau Oh Seungjun. Oh Seungjun diceritakan sebagai mahasiswa kedokteran yang nantinya menjadi seorang dokter. Alasan masuk ke fakultas kedokteran cukup aneh bila dibandingkan dengan mahasiswa lain, Oh Seungjun ingin menjadi dokter karena seseorang di masa kecilnya ingin menikah dengan seorang dokter.

Lanjut ke Yoon Hana. Yoon Hana, si tokoh utama Wanita seperti kebanyakan tokoh utama Wanita ia lemah karena mempunyai trauma masa kecilnya. Sebuah kejadian tewasnya kedua orangtuanya membuat Hana harus tinggal bersama paman dan bibinya. Hana kemudian masuk ke Universitas yang sama dengan Seungjun tapi ia mengambil jursan bisnis agar dapat meneruskan bisnis orangtuanya. Hana inilah yang diklaim mempunyai sindorm Cinderella Complex.

Terakhir, Ahn Hyeji. Ahn Hyeji adalah putri dari pembunuh kedua orangtua Hana. Ia yang memulai terror pada Hana mengakibatkan kandasnya hubungan Hana dan Seongjun.

Oke, kita Lanjut ke alur cerita.

Seongjun yang menceritakan tentang cinta pertamanya yang sudah tidak ia temui selama sebelas tahun gadis kecil yang menginspirasinya untuk masuk fakultas kedokteran karena gadis kecil itu ingin menikah dengan seorang dokter. Di sisi lain, Hana baru tinggal kembali di Seoul dan melanjutkan pendidikannya di Hanyang University jurusan bisnis. Ia bertemu dengan Kang Taehyun seorang senior jurusan bisnis juga teman barunya Kang Yoorim.

Hana sering sekali berjalan-jalan ke fakultas kedokteran satu kali, ia tidak sengaja menabrak Seongjun. Seongjun yang punya rasa tanggung jawab tinggi memutuskan untuk menolong Hana bahkan terus membantunya seminggu terakhir. Hyeji tentu saja kesal karena Seongjun terus membantu Hana bahkan pada akhirnya, mereka berdua berakhir jadian setelah mengetahui fakta bahwa keduanya merupakan teman masa kecil.

Sikap Hana yang semakin bergantung pada Seongjun membuat Hyeji berusaha meyakinkan Seongjun bahwa Hana punya sindrom Cinderella Complex. Diperparah dengan Hyeji yang mulai menoror Hana.  Konflik memuncak saat Seongjun meneriaki Hana karena ia tidak punya bukti kuat untuk menuduh Hyeji sebagai pelaku yang menerornya selama ini. Hubungan merekapun kandas. Hana pergi dan melanjutkan pendidikanya di Jeonju meninggalkan Seongjun dengan luka di hatinya.

Setelah Hana pergi, Seongjun berusaha mencarinya tapi tidak ketemu. Ia akhirnya bertemu dengan Yoorim yang menyerahkan surat dari Hana untuknya. Yoorim menegaskan bahwa Hyejilah dalang dari semua kejadian buruk yang menimpa Hana juga Seongjun harus memaklumi kondisi Hana tidak mudah hidup tanpa orangtua selama sebelas tahun apalagi kini Hana kembali harus menghadapi traumanya.

Satu kali, Seongjun mengerjakan tugas di rumah Hyeji. Ia ingin meminjam sesuatu dan Hyeji menyuruhnya untuk pergi ke kamarnya. Seongjun menemukan bukti-bukti bahwa selama ini Hyejilah yang meneror Hana. Hyeji pun mengaku bahwa ia menyukai Seongjun dan ia adalah anak dari pria yang membunuh kedua orangtua Hana dan Ia menyalahkan Hana atas segalanya. Emosi Seongjun memuncak ia membayangkan Hana yang takut setengah mati melihat ancaman-ancaman. Bahkan foto-foto bukti seolah Hana selingkuh ternyata sudah direncanakan oleh Hyeji. Seongjun akhirnya memutuskan untuk berhenti berteman dengan Hyeji.

Lima tahun berlalu, Hyeji dikeluarkan dari kampus setelah Seongjun membongkar semua kejahatannya. Ia juga sudah menjadi dokter kini walaupun dokter magang.

Hari ini ia akan ke Jeonju di Jeolla utara. Ia bersama tim dokter sedang melakukan bakti social di wilayah Jeonju. Kebetulan Seongjun ditugaskan di sebuah panti asuhan. Saat akan pulang, seorang anak panti meminta tolong Seongjun untuk memeriksa temannya yang bernama  Minjoon. Minjoon meronta karena tidak mau diperiksa sampai sosok cantik itu tiba. Hana memeluk Minjoon dan Minjoon pun menurut mempersilahkan dirinya diperiksa oleh Seongjun.

Ya, akhirnya Seongjun kembali bertemu dengan Hana. Seongjun memutuskan untuk tidak menahan semuanya lagi. Ia menelepon temannya dan bilang bahwa ia bisa pulang sendiri. Kesempatan itu ia gunakan untuk mengobrol dengan Hana. Terlihat bahwa Hana mengira Seongjun sudah menjadi kekasih Hyeji, Hana juga memberitahu alasan kenapa ia rutin mengunjungi panti asuhan itu. Mereka juga meluruskan kesalahpahaman yang terjadi juga fakta bahwa Hyeji adalah anak pembunuh orangtua Hana. Tidak lupa Seongjun meminta Hana untuk memberinya satu kesempatan lagi.

Sebulan berlalu, Hana dan Seongjun bertemu di taman kompleks yang dulu menjadi saksi di mana Hana dan Seongjun berjanji. Hana kemudian menagih janji Seongjun untuk menikahinya tak lupa menunjukkan liontin yang Seongjun berikan padanya waktu mereka kencan.

Akhirnya, Hana dan Seongjun menikah mereka juga membawa putri mereka ke taman yang sama. Dunia Seongjun Sekarang benar-benar utuh karena kehadiran keluarga kecilnya.

Kesimpulan: Mungkin, ungkapan’if you love someone let them go cause when they return they would always be yours’ yang terjadi di kisah cinta Hana dan Seongjun. Percaya bahwa jika seseorang itu kembali artinya kita harus memanfaatkan kesempatan itu dengan baik karena orang itulah takdir kita. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Reasons Why I Chose Amsterdam as the Setting for Double Minority Hanna

5 reasons to not isolate yourself despite your mental illness

Four reasons why to-do list is important to reach your goals