Restory Traveler's Tale: Kisah Persahabatan, Cinta, dan Pilihan Hidup

Mungkin kalian udah tau sebuah film yang namanya belok kanan Barcelona. Film itu diambil dari novel ini judulnya Traveler’s tale.

 Bercerita tentang empat sahabat dua cewek dan dua cowok.
Langsung aja yuk ke ceritanya. Pertama kita ketemu tokoh-tokoh utamanya.

Kita ketemu sama Fara Babedan seorang cewek keturunan arab yang bekerja di Hoi An Vietnam perusahaanya lagi bikin resort di sana dan Fara disuruh untuk bantu di vietnam. Fara orang yang ceria dan cantik banget sampai Retno berpikir bahwa dialah yang akan lebih dulu menikah.

Selanjutnya ada Jusuf seorang cowok yang cukup berandal di sekolah. Jusuf bekerja di afrika dan atasannya yang orang Jerman sering menyuruhnya buat pergi ke negara-negara buat memantau target sales di sana.

Terus kita ketemu sama Retno seorang staff dari KBRI Denmark. Retno dari keluarga yang sederhana seringkali iri saat teman-temannya berlibur bersama keluarganya makanya dia mengambil jurusan hubungan internasional dan berakhir bekerja di KBRI Denmark.

Terakhir ada Francis seorang pianis terkenal yang kerjaanya mengelilingi dunia buat konser dan recital. Keturunan Tionghoa dan satu-satunya orang non muslim di antara keempatnya.

Ayo mulai ke ceritanya.

Dunia keempatnya yang semula terpisah menyatu ketika ada sebuah kabar bahwa Francis akan menikah. Ya undangan pernikahan Francis yang rencananya akan diadakan di Barcelona. Calon istri Francis orang spanyol bernama Inez mereka bertemu di kampus tempat keduanya belajar.

Fara menerima email itu. Fara sebenarnya sudah menyimpan rasa cinta untuk Francis sejak SMA. Tapi Fara terpaksa harus menguburnya karena ia tau Francis sudah menyukai orang lain yaitu Retno. Email tersebut bikin Fara nekat mengumpulkan uang buat ke Barcelona ga peduli bakal miskin pulangnya. Kebetulan dia ditugaskan oleh bosnya ke Budapest yang ga terlalu jauh dari Barcelona.
Di Denmark, Retno baru aja putus dengan mantan kekasihnya, Jasper. Retno juga sebenarnya menyukai Francis tapi perbedaan agama membuat keduanya tak dapat menjalin kasih. Wajah Retno yang ayu bikin Francis suka. Retno dulu ingat betapa susahnya menolak Francis. Bahkan sampai beberapa tahun setelah kelulusan mereka, Francis masih mengistimewakan Retno.
Kita ke Abidjan ada Jusuf yang lagi lari dari kejaran orang-orang yang mengejarnya karena ia tidak mau membeli cula badak. Jusuf berakhir di sebuah fortune teller sawahili yang bilang bahwa ia akan mendapat cintanya. Jusuf menyimpan rasa buat Fara cewek keturunan arab dan juga teman baiknya tapi dia memutuskan untuk tetap berteman karena di ga sanggup buat jauh dari Fara. Untuk saat ini Jusuf memutuskan buat ga ke barcelona karena kekurangan biaya gajinya ga seberapa memang tapi pekerjaanya bikin Jusuf harus jaga-jaga kalau dia ditugaskan ke negara-negara sekitar.
Francis mengirimkan undangan recital piano ke Retno berharap dia akan datang dan menonton. Retno memang berencana menggunakan jatah cutinya buat euro trip ke belanda kemudian berakhir di barcelona. Sekali lagi Francis mengistimewakan Retno mengingat dia ga mengirimkan undangan itu pada Fara dan Jusuf.
Jusuf baru aja kelar grass landing sesuatu yang biasa dia alami karena bekerja di negara afrika. “Jusuf, gua bakal ke sana se-enggaknya gua ke sana meminta jawaban”kata Fara yang mau ga mau membuat Jusuf akhirnya memutuskan untuk ke Barcelona menghentikan Fara, demi dirinya.

Francis calon mempelai pria yang masih ragu dengan pilihannya. Dia cuma suka bahwa ia jatuh cinta sama Inez tapi ga benar-benar cinta sama Inez sampe dia mau menikahinya. “Lo kayaknya masih suka sama dia Cis”kata Sisi seorang vionlinist teman Francis.
Keempatnya kemudian melalui petualangan yang luar biasa kayak Retno yang kembali menyusuri jejak perasannya pada Francis, Francis yang masih ragu sama keputusannya buat menikahi Inez, Fara yang bertemu dengan seorang gypsi kemudian berteman dengan seorang bernama Andre yang mengajaknya buat road trip sampe ke Barcelona dan Jusuf yang mengalami berbagai hal mulai dari disetrum polisi, berakhir di gay bar, grass landing dengan kiri kanan pastor dan suster yang saling mencintai bahkan sampe naik pesawat Maroko demi ke Bacelona walaupun atasannya sudah memarahinya.

Akhirnya tibalah mereka di pertemuan di starbucks La Rambla. Keempatnya berpelukan kemudian berebut siapa yang akan berbicara duluan tapi sebelum ketiga temannya berbicara Fara sudah menyela duluan. “Francis gua sayang sama lo tapi waktulo habis sama”kata Fara menunjuk Retno. “Gua gajadi nikah sama Inez karena gua ingin mengajak Retno nikah”Francis. Retno dan Fara kemudian menangis bahkan Fara sampai memutuskan buat pergi tapi dia ditahan oleh Jusuf. “Lo gatau selama ini gua nahan semuanya selama lo curhat ke gua soal Francis. Fara gua suka sama lo jangan pergi”kata Jusuf.
Besoknya mereka berempat seperti orang yang tak saling kenal. Francis masih berada di Barcelona untuk memberikan penjelasan buat keluarga Inez sementara Fara dan Retno langsung check in ke destinasi masing-masing Vietnam dan Denmark. Jusuf ditahan sama Francis “Lo masih bisa mengusahakannya sekarang”kata Francis yang bikin Jusuf rela buat beli tiket ke Vietnam dan menyusul Fara.
Akhir novel ini manis karena Fara dan Jusuf akhirnya menikah sayangnya pernikahan mereka tidak dihadiri oleh Francis. Keduanya kemudian memutuskan buat bulan madu ke Cairo karena Jusuf kapok ke Eropa takut disetrum dan dicurigai kalo dia mata-mata negara arab lagi seperti ketika dia otw ke barcelona. 

 Kesimpulan  "Traveler's Tale" mengajak kita pada petualangan empat sahabat yang diwarnai cinta, keputusan besar, dan perjalanan ke berbagai penjuru dunia. Melalui karakter yang kuat dan permasalahan yang dekat dengan realitas, novel ini menggambarkan bagaimana persahabatan dan cinta dapat bertahan meskipun dihantam oleh berbagai perbedaan dan jarak. Ending yang manis antara Fara dan Jusuf menunjukkan bahwa cinta yang tulus akan menemukan jalannya, meski harus melewati banyak rintangan.


 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Reasons Why I Chose Amsterdam as the Setting for Double Minority Hanna

5 reasons to not isolate yourself despite your mental illness

Four reasons why to-do list is important to reach your goals