Hati-hati tanda-tanda tempat kerja yang toxic! Freshgraduate harus tau

 Kita mulai dengan pertanyaan pertama, apa itu tempat kerja yang toxic?



Tempat kerja yang Toxic biasanya tempat kerja yang sering ada konflik di lingkungannya dan juga ga membiarkan karir kamu tumbuh di lingkungan itu.

Kita Sekarang masuk ke ciri-ciri tempat kerja yang toxic

  • -         Gaada batas atau Bahasa kerennya, gaada Namanya work-life balance

Misalnya nih atasan yang menyuruh kita buat masuk di weekend kemudian, kasih kerjaan yang mau ga mau harus kita Kelarin di weekend karena deadlinenya hari senin. Ini tuh udah termasuk toxic guys.

  • -         Tidak ada toleransi waktu buat kesalahan

Wah yang ini beneran red flag guys! Sebagai anak baru pastilah kita buat kesalahan apalagi dunia kerja cukup berbeda dari dunia kuliah. Ya mungkin sich kalian udah cukup beradaptasi karena pernah magang tapi tetap aja magang dan kerja full time itu beda.

  • -         Gaada kesempatan buat bertumbuh sebagai seorang karyawan

Nyambung sama poin tadi yang ini beneran red flag Sebagai anak baru ya kita pengennya di mentorin kan! Tapi ada nih tempat kerja yang saking toxic dan red flagnya, ga mau mentorin kamu istilahnya mau kamu udah paham dan bisa semua kayak’Superman’. The dreaded truth is: semua orang ga bisa jadi superman dan kita harus mulai semua dari bawah. Kadang atasan dan lingkungan yang kayak gini bikin kita ga kemana-mana dalam karir.

  • -         Banyak yang stress sampe sakit ke fisik

Pernah dengar ga istilah mental dan kondisi kita ngaruh juga lho ke fisik! Kalo kamu liat tempat kerja kamu (kecuali yang emang kerjanya di luar ruangan dan berhadapan dengan alam, cuaca, dsb) ada banyak yang pake masker karena sakit atau bahkan sering batuk! Itu udah tanda-tanda bahwa tempat kerja ini toxic dan red flag.

  • -      Banyaknya orang yang keluar-masuk tempat kerja itu

Mimin pernah nih kerja di sebuah kantor yang hampir setiap hari gonta-ganti karyawan. Yang ini beneran red flag gaes! Karena gonta-ganti orang salah satu tanda bahwa tempat kerjanya beneran toxic! Banyak orang yang ga betah di tempat kerja itu. Bahkan beberapa ngeluh pengen resign.

Jadi, Gimana sih cara mengatasi tempat kerja yang toxic?

Ada tiga cara nih! Catet ya

Pertama, tanya apa ada di tempat kerja itu yang bisa kamu percaya misanya, keluarga, teman khususnya yang ga sibuk dan bisa kamu ajakin curhat.

 Kedua, sayangi dirimu sendiri. Berusaha ‘speak out’ atau bahkan bayangkan kalau teman/sahabat atau orang terkasih di posisi kita, apa yang bakal kita lakuin? Apakah mereka bakal tetap bertahan atau memutuskan untuk keluar dari tempat kerja toxic tersebut.

Terakhir ya, berusaha rencanakan resign kita (khususnya buat kita yang ngerasa kalo kita beneran harus keluar dari tempat kerja itu)! Dengan misalnya, ga mau lembur, diam-diam melamar ke tempat lain bahkan memutuskan buat ga masuk sebentar untuk healing atau sekedar curhat sama orang terkasih.

Boleh nih komen di bawah kira-kira tempat kerja kamu toxic ga? 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

3 Reasons Why I Chose Amsterdam as the Setting for Double Minority Hanna

5 reasons to not isolate yourself despite your mental illness

Four reasons why to-do list is important to reach your goals